Wednesday 8 April 2015

TAPAK LIMAN sebagai obat Brendelen / kutil gantung pada Ayam Aduan

TAPAK LIMAN / JELATANG adalah tumbuhan liar yang dengan mudah tumbuh di lingkungan di sekitar kita, bagi sebagian orang mungkin ini adalah tumbuhan yang tidak berguna dan lebih sering di buang, tapi dibalik itu semua tumbuhan TAPAK LIMAN / JELATANG sebenarnya bisa dipergunakan sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit KUTIL GANTUNG / BRENDEL pada ayam.
Penyebab
Penyebabnya adalah parasit pada ayam. Parasit ini sering terjadi 1 atau 2 tahun sekali dalam semusim. Anak ayam yang tidak diumbar atau jauh dari induknya rata-rata 70% ke atas anak ayam mengalami hal serupa. Biasanya adalah pengaruh cuaca dan virus parasit. Penyakit ini tidak berbahaya dan akan hilang dalam usia 2 bulan. Penyakit ini jarang sekali menyerang ayam dewasa atau induk. Bisa dikatakan ayam usia lebih dari 3 bulan jarang sekali terkena.

Jika masalah ini terjadi pada sebagian kecil anak ayam, misal dari 100 koloni hanya menyerang 10 ekor maka penyebabnya adalah masalah kandang. Apakah kandang DOC anda memakai strimin di setiap sisinya? Jika iya, itulah masalahnya. Pengalaman kami adalah ayam mengejar nyamuk atau benda/makhluk terbang dan ingin mematuknya, sehingga paruh ayam akan 'nyangkut' di setiap lubang strimin. Setelah pendarahan biasanya terjadi gumpalan seperti kutil pada paruhnya.

Bisa juga karena kandang terlau banyak kawat berkarat, kayu yang kurang halus, paku, bambu yang belum diraut dll dapat menyebabkan masalah ini.

Bisa juga diakibatkan karena gangguan serangga (gurem/mreki, nyamuk, lalat dll) sehingga anak ayam menggaruk dengan kaki di daerah kepalanya.

Cara pengobatan dengan menggunakan TAPAK LIMAN :
1. Haluskan daun tapak liman (bisa dengan cara di remas remas ataupun di tumbuk halus)
2. Oleskan daun yg sudah dihaluskan td ke area penyakit secara merata
3. Karantina ayam dan jauhkan dari yang lainya

Semoga tips diatas bisa sedikit membantu teman teman dalam mengatasi permasalah penyakit pada ayam

" Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati "
Salam Jyebret Dari Bumi Tulungagung Tercinta

1 comment: