Thursday 9 April 2015

Sumber Daya Tulungagung

sumber daya alam darat
1.pertanian
- Pertanian tanaman pangan : padi,jagung,ubi kayu,ubi jalar,kedelai,kacang hijau,sayur – sayuran,buah – buahan.
- Pertanian tanaman perkebunan : tebu,tembakau,kopi,cengkeh,kelapa,lada,kapuk randu,teh,jahe,kencur,kunyit,kenanga,karet,lengkuas.

2.kehutanan
Wilayah kab.Tulungagung terdapat hutan dan telah di reboisasi : di kec.Besuki,Pucanglaban,Kalidawir,Tanggunggunung.

3.perikanan 
-Perikanan darat :              sungai,kolam,empang,sawah,danau,waduk,rawa,tambak
Di daerah ini ikan yang ada adalah ikan tawar : ikan lele,ikan kutuk,dan sebagai nya
-Perikanan laut : laut,selat,teluk
Di daerah ini ikan yang ada adalah ikan – ikan laut : ikan 

4.peternakan  
Produk unggulan peternakan di kab.Tulungagung adalah
a.ayam ras petelur & pedaging
b.itik
c.sapi perah
d.sapipotong
e.babi
f.kambing biasa & kambing etawa
g.ayam kampung
Sumber daya alam pertambangn
a.Marmer di daerah campur darat kab.Tulungagung adalah pertambangan batu marmer terbesar di Asia.
 
Sumber daya alam perairan
Perairan di Tulungagung di gunakan untuk mengairi sawah – sawah yang di tanami padi biar tercukupi air nya. Dan juga untuk proses keluar masuk nya debit air yang lancar
Sumber daya alam pariwisata
Pantai Popoh, adalah obyek wisata pantai yang terletak di pesisir Samudra Hindia Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata andalan Tulungagung.
Popoh berada sekitar 30 km sebelah selatan kota Tulungagung. Kawasan Popoh berada di ujung timur Pegunungan Kidul.
Pantai popoh merupakan pantai yang telah dikembangkan dengan baik olehP.R. Retjo Pentung. Akses menuju pantai popoh dapat ditempuh dengan aman dan nyaman melalui jalan aspal.
Pantai ini berbentuk teluk sehingga suasana tercipta suasana khas didalamnya. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.
Tulungagung diuntungkan dengan letak geografis yang berada di tepi Samudera Hindia, sehingga memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi selain Pantai Popoh, di antaranya Pantai Sidem, Pantai Brumbun, Pantai Sine, Pantai Molang, Pantai Klatak, Pantai Gerangan, dan Pantai Dlodo.
Selain objek wisata pantai, Tulungagung juga memiliki objek wisata alam lain, di antaranya Air Terjun Lawean di Kecamatan Sendang, Coban Alam di Kecamatan Campurdarat, Gua Selomangleng di Kecamatan Boyolangu, serta Gua Pasir di Kecamatan Sumbergempol. Di utara Tulungagung, objek wisata alam yang terkenal adalah Pesanggarahan Argo Wilis, Perkebunan Teh
 Bendungan Wonorejo adalah bendungan yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Letak dari pusat kota diperkirakan sejauh 12 kilometer. Dengan kapasitas sekitar 122 juta meter kubik, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.
Bendungan Wonorejo diresmikan pada tahun 2001 oleh Wakil Presiden Indonesia pada tahun tersebut, yaitu Megawati Sukarnoputri, setelah dibangun selama hampir 9 tahun sejak 1992. Bendungan Wonorejo memiliki fungsi penting sebagai salah satu pusat tenaga listrik dan sumber air minum di Provinsi Jawa Timur. Bendungan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk pencegah banjir di Tulungagung yang dulu sering melanda kota tersebut, bersama Bendungan Neyama di Kecamatan Besuki.
Kini, Bendungan Wonorejo juga berfungsi sebagai salah satu objek wisata andalan Kabupaten Tulungagung selain Pantai Popoh. Beberapa sarana akomodasi telah dibangun di sekitar Bendungan Wonorejo, salah satu yang besar adalah Swa-Loh Resort

No comments:

Post a Comment